Labels

Kamis, 16 Agustus 2012

MENEBAK TANGGAL LAHIR



   MENEBAK TANGGAL LAHIR

misalnya anda memiliki seorang yang sedang ditaksir lalu anda tidak mengetahui hari ulang tahunnya, maka anda dapat menggunakan permainan ini untuk mengetahui hari ulang tahunnya.

Begini caranya
Pertamax

Ada tiga option yang harus dipilih salah satu pada langkah pertama ini:

1. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya)

2. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak cukup pandai dalam berhitung, maka suruhlah dia memegang kalkulator(untuk digunakan menghitung nanti tentunya)

3. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator, mending jangan diteruskan permainan ini, soalnya nanti sia-sia saja (ya iya lah?) :lol:

Kemudian

Suruh teman anda untuk melakukan perhitungan ini:

A. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X 5)

B. hasil perhitungan pada langkah A tambahkan dengan 6 (hasil A + 6)

C. hasil perhitungan pada langkah B kalikan dengan 4 (hasil B X 4)

D. hasil perhitungan pada langkah C tambahkan dengan 9 (hasil C + 9)

E. hasil perhitungan pada langkah D kalikan dengan 5 (hasil D X 5)

F. hasil perhitungan pada langkah E tambahkan dengan bulan kelahirannya

(NB: Januari=1, February=2, dst)

Setelah langkah A sampai dengan F selesai, mintalah teman anda untuk memberitahukan hasil perhitungannya kepada anda, lalu anda kurangi hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci, yaitu 165 (hasil perhitungan – 165) nah lalu anda sekarang sudah mengetahui tanggal lahir teman anda.

Minggu, 12 Agustus 2012

kumpulan soal soal MA

                              KUMPULAN SOAL SOAL SEMETER


Assalamualaikum Wr.Wb
Nah. Para pembaca yang menginkan refrensi bahan bacaan untuk soal soal semester saya akan posting beberapa koleksi saya …. Jika kiurang begitu sempurna saya mohon untuk kiranya member masukan.. selain itu saya nanti akan memposting beberapa rpp dan silabus untuk Madrasah Aliyah

Ini beberapa koleksi saya … jagan lupa saling berbagi ok terima kasih

1.      Soal Soal Semester Bahasa Indonesia
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap = Kelas X (
Ambil Saja ) , Kelas XI ( Ambil Saja )
2.      Soal Soal Semeter Bahasa Inggris
a.      Semester Gnjil
b.      Semester Genap :
Kelas X ( Ambil Saja   ) , Kelas XI ( Ambil Saja )
3.      Soal Soal Semeter Matematika IPA
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap
Kelas X (  Ambil Saja ) , Kelas XI ( Ambil Saja )
4.      Soal Soal Semeter Matematika IPS
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap
= Kelas X (  ) , Kelas XI ( Ambil Saja  )
5.      Soal Soal Semeter Biologi
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap
= Kelas X ( Ambil Saja   ) , Kelas XI ( Ambil Saja )
6.      Soal Soal Semeter Fisika
a.      Semster Ganjil
b.      Semester Genap
= Kelas X ( Ambil Saja ) , Kelas XI ( Ambil Saja )
7.      Soal Soal Semeter Kimia
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap
= Kelas X ( Ambil Saja   ) , Kelas XI ( Ambil Saja  )
8.      Soal Soal Semeter Geografi
a.      Semeter Ganjil
b.      Semester Genap
= Kelas X ( Ambil Saja ) , Kelas XI ( Ambil Saja )
9.      Soal Soal Semeter Ekonomi
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap
= Kelas X ( Ambil Saja ) , Kelas XI ( Ambil Saja   )
10.  Soal Soal Semeter PKN
a.      Semester Ganjil
b.      Semster Genap
= Kelas X ( ) , Kelas XI ( )
11.  Soal Soal Semeter Sejarah
a.      Semester Ganjil
b.      Semseter Genap
= Kelas X ( ) , Kelas XI ( )
12.  Soal Soal Semeter Fiqih
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap Kelas X
Ambil Saja Kelas XI Ambil Saja
13.  Soal Soal Semeter Bahasa Arab
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap = Kelas XI (
Ambil Saja ) ,
Kelas X ( Ambil Saja
14.  Soal Soal Semeter Qurdist
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap = Kelas X
( Ambil Saja ) Kelas XI  ( Ambil saja )
15.  Soal Soal Semeter TIK
a.      Semster Ganjil
b.      Semester Genap
16.  Soal Soal Semeter PENJAS
a.      Semester Ganjil
b.      Semester Genap
Ambil SajaAmbil Saja

Mohon Masukannya ya…. Terimakasih


bersyukur



RENUNGKANLAH
SYUKURI APA YANG KITA MILIKI



Bermain Game tanpa mengenal Waktu
tapi mereka merhargai kesempatan untuk belajar
Engkau Gemuk Sampai Harus Diet???   
Tapi mereka akan Mati bila diet







 

Sabtu, 11 Agustus 2012

MENUJU HARI KEMENAGAN


MENUJU HARI KEMENANGAN

bulan ramadhan hampir berlalu. Kita memuncaki perjalanan spiritual satu bulan penuh dengan perayaan idul fitri, yang dalam tradisi kita disebut lebaran.

Namun, kita perlu sadar, hakikat idul fitri tidak terletak pada momentum perayaan yang sering justru berbau konsumtif, tetapi pada kesadaran kembali pada fitrah yang suci. Sebab, manusia selalu memiliki kecenderungan pada kebaikan dan kebenaran dengan fitrah awalnya yang bersifat alami. Sebaliknya, kejahatan pada dasarnya bertentangan dengan fitrah manusia sehingga tidak alami.

>> saling memaafkan

kembali pada kesucian disimbolkan adanya maaf dari allah perlu disempurnakan dengan maaf dari manusia. Dalam islam ada yang disebut hak allah (haqqullah) dan hak manusia (haqqul adami). Dosa kepada allah menimbulkan hak bagi allah untuk menuntut penebusan dari manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak luput dari perbuatan salah kepada sesama manusia. Maka, ungkapan "mohon maaf lahir dan batin" merupakan bentuk pelaksanaan hak manusia. Di situlah kaitan antara ungkapan minalaidin walfaizin yang berdimensi vertikal dan ungkapan mohon maaf lahir dan batin yang berdimensi horizontal.

Ajaran islam melalui nash maupun institusi ibadah amat menekankan sikap saling memaafkan. Dari sinilah kehidupan kemasyarakatan yang sehat bisa dimulai. Jika rasa saling curiga dan semangat balas dendam telah tumbuh, suatu pertanda masyarakat itu sedang sakit. Proses penyembuhannya harus dilakukan dengan cara damai melalui sikap saling memaafkan. Dengan cara itu, manusia saling mengenal kultur kehidupan tiap individu atau kelompok untuk dicarikan penyelesaian terbaik. Rasanya, tidak ada konflik yang tidak dapat diselesaikan dengan ketulusan untuk saling memaafkan. Penyelesaian boleh secanggih apa pun, tetapi hakikatnya kembali pada individu maupun kelompok untuk saling memaafkan.

Prinsip saling memaafkan adalah nilai-nilai moral agama yang cinta kedamaian dan keharmonisan hidup. Bahkan dalam sejarah kehidupan nabi muhammad sering digambarkan, betapa pun sering diperlakukan zalim, beliau tetap memaafkan kezaliman pelakunya. Salah satu sikap yang mengesankan banyak orientalis adalah saat terjadi fathu makkah (pembebasan kota mekkah) dan nabi mendapat kemenangan. Di sanalah beliau menunjukkan teladan puncak akhlak kaum muslim (matsal al-a'la) dengan memaafkan kezaliman kaum quraisy mekkah yang selama bertahun- tahun hidup di mekkah dulu, hidupnya diboikot dan pengikutnya dianiaya, malah ada yang dibunuh. Namun, beliau tidak dendam dan mengembangkan permusuhan. Saat kemenangan di tangan beliau, kesempatan itu tidak digunakan untuk menghukum musuhnya, apalagi sebagai ajang balas dendam. 

Agama selalu mengingatkan, pada sesuatu yang kita benci mungkin menyimpan potensi yang bisa disenangi, dan pada sesuatu yang kita senangi siapa tahu justru menyimpan potensi yang bisa kita benci. Maka, segala yang terbentang secara menjengkelkan maupun menyenangkan selalu mengandung hikmah di belakangnya.

>> mudik, wujud kembali ke fitri

sebenarnya lambang-lambang kecenderungan manusia untuk kembali kepada kefitriannya tidaklah sulit ditemukan dalam aktivitas di hari idul fitri. Kita melihat setiap idul fitri orang selalu menyempatkan diri pulang kampung. Mereka rela berjejal-jejal di kereta atau bus, saling sikut, saling dorong, meski dengan bekal uang sekadarnya. Bahkan, banyak yang harus menginap di terminal atau stasiun kereta karena tidak mendapat tempat. Besoknya berjuang lagi untuk mendapat tiket pulang. Semua itu dilakukan untuk suatu tujuan yang disebut mudik lebaran. Bukankah mudik itu sebenarnya "kembali ke asal, kembali ke fitrah" dalam aktualisasi antropologis?

Apa yang akan dilakukan di kampung halaman bukan pamer keberhasilan hidup di perantauan. Tak jarang di antara mereka hidup di rantau dengan amat sengsara. Dengan mudah kita bisa menebak rata-rata penghasilan para pendatang yang mengadu nasib di jakarta atau di kawasan jabotabek sebagai pekerja pabrik atau pedagang sektor informal. Itu pun kalau mereka belum kena phk akibat pabriknya digulung krisis.

Jadi, tujuan mudik sama sekali jauh dari kepentingan material. Sebaliknya, tujuan mudik didorong kecenderungan spiritual, yakni hasrat untuk kembali kepada orang-orang dekat seperti orangtua, saudara, kerabat, dan handai tolan untuk meminta maaf, membersihkan diri dari dosa yang pernah diperbuat.

Jika ritus mudik ini dibawa ke dalam logika agama, dengan asumsi adanya dorongan spiritual, tidaklah keliru pendapat yang mengatakan mudik lebaran merupakan pelaksanaan perintah ajaran agama, yaitu menjadikan idul fitri sebagai sarana untuk bersilaturahmi dan bermaaf - maafan setelah menjalani pertobatan di bulan suci ramadhan. Lalu, disempurnakan dengan melaksanakan kewajiban zakat fitrah, yaitu proses penyucian diri dengan memberikan makanan pokok atau uang kepada mereka yang berhak, terutama kaum miskin, agar mereka juga dapat merasakan kebahagiaan di hari yang fitri.

Kesucian lahir dan batin menjadi motivasi untuk memberikan kesadaran guna melaksanakan keberpihakan kepada orang-orang yang lemah. Kesadaran demikian akan menghantarkan kita menjadi manusia yang utuh, yang diresapi dan disemangati untuk selalu berjiwa besar dengan saling memaafkan serta kepedulian terhadap kemanusiaan.

Puasa yang telah dilaksanakan akan memberi dampak revolusioner bagi pembersihan dan pengembangan kedirian menuju keparipurnaan sebagai khalifatullah.

Ramadhan hadir tiap tahun dan sungguh merugi jika kita hanya menjadikannya rutinitas, tanpa ada ikhtiar untuk terus memperbaiki diri. Perintah agama bukanlah "pepesan kosong", tetapi senantiasa menyimpan kekuatan mendidik dan melatih manusia secara konstruktif.

Bangsa kita yang tengah diterpa berbagai musibah dan krisis saat ini membutuhkan pribadi-pribadi yang bersih, peduli, dan tercerahkan untuk turut serta dalam pembangunan menuju keadilan yang menjadi dambaan selama ini.

oleh : tnol.co.id
INI DIA MANFAAT BERPUASA BAGI TUBUH KITA
Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. Puasa, yang mensyaratkan untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.
Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.
Pengaruh mekanisme puasa terhadap kesehatan jasmani meliputi berbagai aspek kesehatan, diantaranya yaitu :
  • Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat.
  • Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan.
  • Memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup.
  • Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pada minggu pertama puasa belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh (minggu kedua), penambahan sel darah putih pesat sekali. Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh.
  • Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
  • Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Misal ketika mengalami stres, hormon insulin dan adrenalin yang mengatur waktu lapar terganggu sehingga nafsu makan hilang atau bahkan datang lebih cepat. Kekurangan produksi hormon insulin berakibat munculnya penyakit diabetes, sedangkan bila berlebihan tubuh akan menderita hiperglikemia. Pada saat puasa orang akan bersabar dan berusaha menahan amarah dan senantiasa pasrah pada Tuhan. Hal itu akan membuat fungsi hormon berjalan normal sehingga irama hidup lebih harmonis.
  • Meremajakan sel-sel tubuh. Ketika kita berpuasa, organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya.
  • Meningkatkan fungsi organ tubuh. Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.
  • Puasa meningkatkan fungsi organ reproduksi. Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Hormon yang berkaitan dengan masalah perilaku seksual tidak hanya dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), tetapi juga oleh kelenjar hipofisis.
Disunahkan agar berbuka puasa diawali dengan makan buah kurma, atau dengan buah-buahan dan minuman yang manis seperti madu. Ajaran ini mengandung makna kesehatan karena buah-buahan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman. Glukosa yang terkandung di dalam buah-buahan dan minuman yang manis merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh. Glukosa efektif dibutuhkan ketika tubuh memerlukan masukan energi yang diperlukannya.
Anjuran sahur bukan semata-mata untuk mendapatkan tenaga yang prima selama menunaikan ibadah puasa, melainkan juga mengandung makna bahwa puasa perlu persiapan agar selama berpuasa produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu.
Pada waktu buka puasa dan sahur suplai gizi perlu diusahakan memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh, meliputi enam jenis zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Pentingnya keseimbangan gizi sering kurang disadari karena hasilnya tidak terlihat langsung. Seseorang yang kekurangan zat gizi tertentu sama bahayanya dengan mereka yang kelebihan gizi tertentu. Makan yang seimbang baik dalam porsi maupun gizi akan mempengaruhi susunan saraf pusat dan kondisi biokimia tubuh. Makan yang seimbang adalah makan yang tidak kekurangan tetapi juga tidak berlebihan, yang disesuaikan dengan usia, kualitas dan kuantitas gerak serta kondisi tubuh.
Pada beberapa orang, pada saat puasa mempunyai keluhan seperti merasa lemas dan lesu atau stamina menurun, juga gangguan pencernaan seperti perut kembung dan gangguan lambung. Beberapa bahan pangan tertentu seperti madu, jahe, kencur, temu lawak, dan bahan-bahan lainnya dapat digunakan untuk mengatasi stamina menurun, kembung, dan gangguan lambung pada saat puasa.
Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan agar puasa tetap fit dan segar.
1.MADU
Khasiat : meningkatkan stamina serta mempertahankan stabilitias tubuh agar tetap sehat dan bugar, melancarkan proses metabolisme, untuk kecantikan dan awet muda, mencegah gangguan pencernaan, dan lain-lain
2.KURMA
Khasiat : meningkatkan stamina dan energi, mencegah & mengatasi anemia (kurang darah), melancarkan pembuangan, sebagai penenang (merileksasi sel otot tubuh yang tegang), mencegah pendarahan rahim.
3.JAHE (Zingiber officinale Rosc.)
Khasiat : meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, masuk angin, mual, muntah, sakit kepala, pusing, demam, dan lain-lain
4.TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza)
Khasiat : kolesterol tinggi, meningkatkan stamina tubuh/tonikum, kurang darah, radang lambung/maag, perut kembung, dan lain-lain.
5.KENCUR (Kaempferia galanga)
Khasiat : meningkatkan stamina tubuh, menghilangkan bau mulut, radang lambung, kembung, mual, muntah, masuk angin, dan lain-lain.
6.Ubi Jalar Merah (Ipomoea batatas)
Khasiat : perut kembung, peluruh kentut, masuk angin, gangguan lambung
7.KUNYIT (Curcuma domestica Val.)
Khasiat /efek ; radang lambung, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.
8.KAPULAGA (Amomum cardamomum)
Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.
9.Kayu Manis (Cinnamomum burmanii)
Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.
disalin dari tulisan Mohamad Harli


Read more: http://doktersehat.com/manfaat-puasa-untuk-kesehatan/#ixzz23DJmcXtD
1. Soal Bahasa Indonesi Semester Genap SMA Kelas XI
http://www.scribd.com/doc/102601072

Rabu, 08 Agustus 2012

Soal Bahasa Indonesia SMA kelas X Semester Genap

ULANGAN UMUM SEMESTER GENAP
MADRASAH ALIYAH NURUL FATA LUMUTAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
NOMOR PESERTA
    NAMA
    KELAS
X (SEPULUH)
    MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA    HARI/TANGGAL
SELASA
05 JUNI 2012

I.    Berilah Tanda (X) pada pilihan  a, b, c, d dan e sebagai jawaban yang dianggap paling benar !
Teks berikut untuk soal nomor 1-4
Bacalah teks berikut dengan seksama!
        Anak-anak yang terlalu banyak menonton telivisi menurut riset yang dilakukan Columbia University of Pshysicians and Surgeons di New York, Amerika Serikat, menjadi terbiasa pada gambar-gambar visual yang bergerak cepat. Itu akan mengakibatkan anak-anak menjadi bosan terhadap kegiatan-kegiatan seperti membaca dan mendengarkan, terutama di sekolah. Otak mereka menjadi tidak terbiasa berkonsentrasi karena umunnya gambar-gambar yang ditayangkan di televisi tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
         Akibatnya, anak-anak yang terlalu banyak menonton televisi memiliki masalah-masalah, seperti benci sekolah dan kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah. Akibat jangka panjangnya cukup mengkhawatirkan. Seperti disebut dalam Guardian.co.uk., anak-anak yang tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan belajar karena terlalu sering menonton televisi cemderung tidak ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi
1.    Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah . . .
a.    Mengapa Columbia University melakukan riset terhadap anak yang menonton televisi?
b.    Kapankah dilakukan penelitian tentang anak-anak yang sering menonton televisi?
c.    Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi tidak terbiasa berkonsentrasi?
d.    Faktor-faktor apa saja yang membuat anak-anak terlalu banyak menonoton televisi?
e.    Siapakah yang meneliti anak-anak Amerika yang terlalu banyak menonton televisi?
2.    Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi kurang suka membaca?
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah . . .
a.    Semua anak suka melihat gambar-gambar visual yang tidak membutuhkan konsentrasi belajar.
b.    Semua otak anak tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan belajar dan lebih senang melihat tayangan visual.
c.    Mereka malas berkonsetrasi untuk mengerjakan pekerjaan rumah karena terbiasa menonton telivisi.
d.    Anak tersebut sudah terbiasa dengan gambar-gambar visual yang bergerak cepat dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
e.    Otak mereka senang berkonsetrasi pada gambar-gambar yang ditayangkan di televisi dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
3.    Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah . . .
a.    Anak yang terbiasa berkonsentrasi intelektual disebabkan oleh seringnya menonton televisi.
b.    Sangat banyak anak yang terpengaruh oleh gambar visual yang bergerak cepat yang ditayangkan telivisi.
c.    Anak yang terlalu sering menonton telivisi cenderung ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.
d.    Salah satu masalah pada anak yang terbiasa menonton telivisi adalah merasa kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah.
e.    Anak yang tidak bisa berkonsentrasi sulit memahami tayangan telivisi.
4.    Simpulan isi kedua paragraf tersebut adalah . . .
a.    Anak yang terlalu banyak menonton telivisi akan mengalami kesulitan belajar.
b.    Media telivisi berpengaruh positif terhadap kegiatan pembelajaran anak.
c.    Anak yang sering menonton telivisi cenderung tidak melanjutkan pendidikannya.
d.    Media telivisi membuat anak malas membaca dan mendengarkan terutama di sekolah.
e.    Anak yang terlalu banyak menonton telivis memiliki resiko tidak melanjutkan sekolah.
5.    Proses pembangunan tidak saja menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan, tetapi juga menimbulkan banyak masalah baru.
Kalimat di atas menggunakan gaya bahasa . . .
a.    Personifikasi    b. metafora    c. metonimia    d. hiperbola    e. ironi
6.    Sanksi dikenakan pada lembaga penyiaran daripada produk di mana disiarkan atau ditayangkan.
Perbaikan struktur kalimat tersebut yang tepat adalah . . .
a.    Sanksi di mana dikenakan buat lembaga penyiaran yang mana produk disiarkan atau ditayangkan.
b.    Sanksi dikenakan pada lembaga penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
c.    Sanksi dikenakannya pada lembaga penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
d.    Sanksi dikenakan pada lembaga pernyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
e.    Sanksi dikenakan buat lembaga daripada penyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
7.    Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1)    Pemandangan di Pantai Putri membuat siapa saja merasa tentram. (2) Tampak pasir putih,ombak yang tenang, serta laut yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah pemuda bersenda gurau berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang berteriak Hiu! (6) Sejumlah pemuda itu tadi lari ke sana ke mari.
Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor . . .
a.    (1)    b. (2)    c. (3)    d. (4)    e. (5)
8.    Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Seorang anak, wajahnya cantik, umurnya kira-kira lima belas tahun. Ia sedang duduk di SMA kelas X. gadis itu sedikit nakal, suka mengambil uang temannya. Ternyata setelah ditanya, memang benar gadis itu pelakunya.
Sebutan yang tepat untuk gadis itu adalah . . .
a.    bertangan panjang     c. anak yang panjang tangan     e. bertangan dingin
b.    tangan kanan panjang    d.  membawa buah tangan
9.    Kelima rangkaian kata berikut dapat disusun menjadi satu kalimat.
(1)    setelah sekian lama
(2)    dirindukan masyarakat local
(3)    isu otonomi daerah
(4)    yang mendambakan keadilan, pemerataan, kesejahteraan, kemakmuran daerah
(5)    akhirnya direspon juga
Urutan-urutan penggalan kalimat yang runtut adalah . . .
a. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)    b. (5)-(3)-(1)-(2)-(4)     c. (5)-(1)-(3)-(2)-(4)    d. (3)-(5)-(1)-(2)-(4)    d. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
10.    Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun . . . untuk menyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan Gunung Merapi aman dikunjungi.
Kelompok kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . .
a.    kegiatan wisata    c. kertas kerja     e. jadwal acara
b.    rencana kunjungan    d. program pemulihan
11.    Kita tidak . . . beratnya sanksi bagi pelanggar . . . lalu lintas karena hal itu . . . bukan merupakan sumber masalah.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah . . .
a.    dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya    d. mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
b.    mempersoal, pengaturan, kebenarannya     e. mepersoalkan, peraturan, sebenar-benaranya
c.    mempersoali, peraturan, dibenarkannya
12.    Sebuah sekolah dasar di kaki Gunung Pangrango, Jawa Barat, pada saat jam istirahat anak-anak ramai bermain-main. Pak guru berdiri lesu sambil melamun di muka kelas memikirkan beban hidupnya yang harus dipikulnya. Tiba-tiba . . .
Majas yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .
a.    Bruk! Bruk! Bangunan sekolah itu runtuh karena sudah lapuk dimakan usia.
b.    Angin ribut memporakporandakan bangunan sekolah tersebut sampai rata dengan tanah.
c.    Suara jeritan para siswa terdengar keras karena ada salah satu seorang temannya yang terjerumus masuk jurang.
d.    Suara anjing menggonggong membuyarkan semua pikiran dan lamunannya.
e.    Terdengar bisikan angi yang lembut membangkitkan semangat.
13.    Para fisikawan yang berasal dari 11 institusi dari Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan Jerman yang tergabung dalam kolaborasi Muon di Laboratorium Nasional Brookhaven, New York, pada bulan Febuari 2011 lalu mengumumkan temuan baru yang sangat boleh jadi akan menjadi tonggak baru dalam fisika partikel.
Unsur inti kalimat tersebut adalah . . .
a.    para fisikawan, mengumumkan , temuan baru    d. para fisikawan, kolaborasi Muon, fisika partikel
b.    para fisikawan ,kolaborasi Muon, temuan baru    e. para fisikawan, menemukan, fisika partikel
c.    para fisikawan, temuan bar4u, fisika partikel
14.    Dasar-dasar yang harus diperhatikan dalam penulisan kritik sebuah puisi tertera di bawah ini, kecuali . . .
a.    memahami teori sastra secara luas     d. menguasai puisi yang akan dikitrik
b.    memahami perkembangan sejarah sastra     e. dapat menyusun puisi dengan baik
c.    dapat menilai puisi yang akan dikritik secara objektif
Paragraf berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 15 dan 16 
      Karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan. Berbagai aspek kehidupan itu sendiri juga mengalami perubahan-perubahan yang berarti. Untuk menjelaskan bagaimana pendidikan masa depan harus dilaksanakan berbagai tuntutan, kebutuhan, dan fenomena yang terjadi dalam masyarakat perlu dicermati secara seksama. Berbagai tuntutan itulah nantinya akan memaksa dunia pendidikan untuk berbenah diri. Dunia kerja, misalnya dapat dipastikan akan menuju kepada spesialisasi dan profesionalisasi.
     Sementara itu, ada pergeseran apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan sehingga masyarakat menjadi longgar terhadapa prilaku yang kurang lazim dalam budaya Indonesia, misalnya mencium pipi antara dua insan yang berlainan jenis di muka umum, pergaulan bebas antara remaja. Itu semua menjurus kepada penyimpangan norma agama.

15.    Kutipan di atas menyatakan . . .
a.    Fakta    b. pendapat    c. analisis    d. pembuktian    e. deskripsi
16.    Kutipan tersebut mempersoalkan masalah . . .
a. pergeseran norma agama     d. perubahan pendidikan masa depan
b.perilaku masyarakat Indonesia masa kini     e. pengaruh globalisasi terhadap budaya Indonesia
c. perubahan pandangan hidup terhadap berbagai aspek kehidupan
17.    Kemilau mutiara telah membiaskan dolar dan dolar telah menyebabkan hutan-hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat. Tak syak lagi tangan jahil ada di mana-mana dan Aru terletak di pojok tenggara Provinsi Maluku itu gundul karenanya.
Inti permasalahan yang tersirat dalam penggalan berita di atas adalah . . .
a.    Kerang mutiara dapat menghasilkan dolar.
b.    Akibat pencarian mutiara hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat.
c.    Hutan-hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat.
d.    Akibat pengembanganbiakan kerang mutiara hutan bakau di Kepulauan Aru dibabat.
e.     Akibat tangan-tangan jahil hutan bakau di Kepulauan Aru punah dibabat.
18.    Kata yang bersinonim terdapat pada kalimat . . .
a.    Ia tidak melewati jalan besar itu melainkan menyusuri lorong di kampung itu.
b.    Baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda turut merayakan hari Kemerdekaan RI
c.    Bisa ular bisa mematikan orang dalam sekejap mata.
d.    Kepala stasiun itu menyandarkan kepalanya di sandaran kursi malasnya.
e.    Mereka tidak tahu di mana tempat orang membuat tahu.
19.    Kalimat di bawah ini yang termasuk bagian naskah berita adalah . . .
a.    Tanggal 26 Desember 2004 Aceh dilanda bencana gempa dan tsunami.
b.    Semoga bangsa Indonesia cepat keluar dari krisis ekonomi yang berkepanjangan.
c.    Tolong buat naskah pidato dalam rangka menyambut sumpah pemuda!
d.    Marilah kita galang rasa persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa.
e.    Setiap malam tahun baru, kita harus mengintrospeksi diri.
20.    Pembaca selalu ingin dapat membaca dengan tenang, bebas, dan leluasa. Ia ingin berdirikari, berpikir sendiri, menimbang-nimbang sendiri, dan akhirnya menilai sendiri.
Kalimat kedua memperlihatkan kepaduan yang dinyataka oleh . . .
a.    pengulangan kata    c. pengulangan kelompok kata     e. pemakaian kata ganti milik
b.    pemakaian kata ganti orang    d. pemakaian kata ganti penunjuk
21.    Meskipun teknologi kita sudah menggunakan teknologi komputer,kecepatan membaca masih diperlukan. Selain kemampuan membaca cepat, juga dibutuhkan kemampuan untuk mengerjakan hitungan secara cepat, paling tidak kita akan menggunakan waktu lebih efisien. 
Pikiran utama paragraf di atas terdapat pada . . .
a.    awal paragraf    b. akhir paragraf     c. tengah paragraf    d. awal dan akhir paragraf    e. seluruh paragraf
22.    Kata berimbuhan peN-an yang bermakna proses dan hal (ambigu) terdapat pada kalimat . . .
a.    Penanaman nilai-nilai moral memerlukan waktu agak lama.
b.    Pelabuhan kapal Girimanuk-Ketapang sangat bersihndan indah.
c.    Pendakian itu sangat licin dan terjal.
d.    Pekerjaan tangan itu membutuhkan keterampilan dan kesabaran.
e.    Pengadilan adalah tempat untuk memperoleh keadilan.
23.    Kalimat sanggahan dalam diskusi berikut yang benar adalah . . .
a.    Apa yang Anda kemukakan sudah ada pada diklat, baca sekali lagi!
b.    Bicaralah seadanya, apa perlunya Anda mengobral komentar?
c.    Gagasan Saudara cukup baik, hanya beberapa bagian perlu disempurnakan.
d.    Bicara boleh saja, tapi coba Anda renungkan uraian Anda!
e.    Tidak perlu, jawaban Saudara menyimpang dari pembahasan.
24.    Pada dasarnya program keselamatan kerja akan berhasil bila dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan. Pendidikan dan pembinaan tentang keselamatan kerja dapat dilaksanakan melalui pendidikan formal, intruksi langsung melalui rapat keselamatan kerja secara periodik, poster-poster keselamatan kerja, ataupun kesadaran mematuhi peraturan keselamatan kerja yang berlaku.
Gagasan utama pada paragraf tersebut adalah . . .
a.    Pendidikan dan pembinaan tentang keselamatan kerja melalui pendidikan.
b.    Pendidikan dan pembinaan tentang keselamatan kerja melalui intruksi langsung.
c.    Program keselamatan kerja akan berhasil bila dilaksanakan melaui rapat periodik.
d.    Program keselamatan kerja akan berhasil bila dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan.
e.    Pembinaan dan pendidikan tentang keselamatan kerja melalui rapat secara periodik.
25.    Kalimat pelengkap terdapat dalam . . .
a.    Kami menyudahi pembicaraan setelah lam berdebat.
b.    Pohon mangga di depan rumahku banyak bauahnya.
c.    Sepasang kekasih berpegangan tangan.
d.    Silakan Saudara duduk dari kursi nomor dua dari depan.
e.    Stasiun televisi swasta menanyangkan iklan promosi dan layanan masyarakat
26.    Dokter tidak harus percaya pada tiap keluhan pasien. Untuk membenarkan keluhan pasien yang subjektif itu, dokter perlu melakukan pengecekan. Jika macam-macam cara dan alat belum juga memadai untuk menentukan penyakitnya, dokter dilarang keras memberikan diagnosis sembarangan, apalagi mereka-reka .
Kalimat simpulan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang paragraf tersebut adalah . .
a.    Jadi, mengetahui penyakit seseorang perlu memeriksakan diri ke dokter.
b.    Maka, menetapkan seseorang sehat atau sakit, ada kaidah medisnya.
c.    Maka, untuk mengecek penyakit perlu diadakan pengobatan.
d.    Jadi, mengecek sesorang sakit atau tidak, perlu diobati terlebih dahulu.
e.    Untuk pengobatan lebih lanjut perlu diadakan pengecekan terlebih dahulu.
27.    Bacalah penggalan puisi berikut dengan seksama! . . .
Tuhan kami
Telah terlalu mudah kami
Menggunaka asma-Mu
Bertahan di negeri ini
Semoga Kau rela menerima kembali
Kami dalam barisan-Mu
Taufik Ismail
Hal yang diungkapkan penyair dalam puisi di atas adalah . . .
a. Permohonan untuk memakai nama-Nya    d. Permohonan ampun kepada Tuhan
b. Kemudahan dalam menyebut nama Tuhan    e. Kemudahan dalam menerima seseorang
c. Kerelaan untuk menerima yang bersalah
28.    Kalimat yang menggunakan majas litotes adalah . . .
a.    Gubuk sederhana inilah hasil karya kami selama bertahun-tahun.
b.    Teman akrab ada kalanya merupakan musuh sejati.
c.    Hujan memandikan tanaman di halaman rumah.
d.    Kecantikan justru yang mencelakakannya
e.    Saya telah mencatat kejadian itu dengan tangan saya sendiri.
29.    Tema wawancara: Peran perpustakaan dalam pendidikan.
Kalimat tanya yang sesuai dengan tema wawancara tersebut adalah . . .
a.    Siapa yang mengelola buku-buku di perpustakaan?
b.    Apa syarat-syarat menjadi anggota perpustakaan bagi siswa dan guru?
c.    Apa saja manfaat perpustakaan bagi siswa dan guru?
d.    Berapa denda bagi siswa yang terlambat mengembalikan buku?
e.    Dari manakah dana untuk membeli buku perpustakaan?
30.    Bacalah paragraf sebab-berikut!
Kesadaran masyarakat yang masih kurang antara lain dinyatakan dengan membuang sampah sembarangan sehingga membuat tersumbat saluran air atau sungai. Penebangan hutan yang semena-mena pun mengakibatkan erosi. Di tambah lagi adanya bangunan di atas daerah aliran sungai, membuat sungai menjadi sempit dan dangkal.
Kalimat yang tepat untuk mengakhiri paragraf sebab-akibat berikut adalah . . .
a.    Akibatnya, pemerintah harus memperlebar atau membuat saluran sungai baru.
b.    Para pengembang perumahan hendaknya membuat rumah-rumah sederhana.
c.    Bila hujan turun, banjir tak dapat dielakkan lagi.
d.    Pemerintah harus tegas menindak masyarakat yang membangun di DAS.
e.    Akibatnya, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama menanggulangi sampah.
31.    Untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan pelajar SMA, OSIS di sekolah Anda akan mengadakan seminar sehari dalam rangka menyambut ulang tahun sekolah. Peserta seminar yang diundang adalah pengurus OSIS SMA di sekitar Anda. Anda yakin betul bahwa seminar itu berdampak positif.
Tanggapan yang menyatakan sependapat dan sesuai dengan ilustrasi di atas adalah . . .
a.    Saya mempersilahkan program Anda jalan terus.
b.    Jangan takut, program Anda banyak pendukungannya.
c.    Sebaiknya rencana kegiatan seminar Anda diprogramkan dengan sebaik-baiknya. Kami semua mendukungnya.
d.    Keberhasilan Anda sudah terpampang jelas, maju demi nama baik sekolah kita.
32.    Beberapa barang bekas dapat dimanfaatkan dalam kehidupan kita.
Kalimat di atas dapat di kembangkan dengan kalimat . . .
a.    Mainan anak-anak yang cukup mengiurkan adalah bekas kaleng susu yang telah dicampakkan oleh konsumennya.
b.    Tiada istilah bekas bagi orang kreatif, semua barang bisa didayagunakan sesuai dengan kebutuhan.
c.    Kaleng bekas kemasan cat, misalnya bisa digunakan kembali segai pot bunga.
d.    Semua yang berbau bekas diolah manusia menjadi yang bermanfaat.
e.    Karena itu, janganlah menganggap sepeleh terhadap barang bekas, sebab dengan teknologinya manusia bisa menyulapnya
33.    Bacalah teks berikut dengan seksama!
“Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik.” Begitulah mereka dapat menunjukkan rasa dengki dengan emosi yang terkendali, kesabaran yang menyejukkan, dan menentramkan. Maka tatkala menerima kata-kata kotor, . . . bahkan memendang kata-kata itu sebagai angin lalu yang tidak pernah kembali.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah . . .
a.    muka tembok tak ada    c. tangan menengadah ke atas    e. mata tak berkedip
b.    hati kecut    d. telinga tak memerah
34.    Proses penyulingan minyak dari minyak mentah sampai hasil akhirnya dapat dilihat dengan menggunakan..
a. grafik    b. table    c. bagan arus    d. bagan administrasi    e. bagan organisasi 
35.    Berikut ini keuntungan penyampaian informasi menggunakan tabel, kecuali . . .
a. lebih cepat dipahami    c. lebih akurat    e. lebih jelas
b. lebih banyak data yang bisa masuk    d. banyak macam informasi yang bisa disampaikan
36.    Grafik biasanya digunakan untuk . . .
a. mengilustrasi hubungan atau perbandingan    d. mengetahui peningkatan suatu hal
b. mengetahui informasi tentang ekonomi     e. mengetahui data tertentu
c. menyampaikan informasi yang bersifat kenaikan/penurunan
    Perhatikan grafik berikut untuk menjawab soal nomor  37!

                        Tahun
37.    Dari grafik tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa . . .
a.    Mulai tahun 1997 produksi padi di daerah X selalu meningkat
b.    Produksi padi tahun 1997 naik 25% dari tahun 1996
c.    Produksi padai tahun 200 lebih besar dari tahun 1997
d.    Tahun 1999 produksi padi lebih dari 400 ton 
38.    Kerangka isi karangan ilmiah yang tepat sesuai denganjudul karangan, “Rendahnya Minat Baca Anak SD di Indonesia” adalah . . .
a.  1. Bagaimana kegiatan membaca itu?     3. Minat baca anak SD rendah
2. Kegiatan membaca anak SD    4. Fasilitas dipenuhi
b. 1. Kegiatan membaca akan SD         3. Hal-hal yang menyebabkan minat baca anak SD rendah
    2. Minat baca anak SD rendah         4. Cara mengatasi minat baca anak SD rendah
c. 1. Minat baca anak SD rendah         3. Bagaimana sistem pendidikan
    2. Kegiatan membaca anak SD         4. kesimpulan dan saran
d. 1. Membaca kegiatan yang menyenangkan    3. Perpustakaan keliling
    2. Maraknya taman-taman bacaan     4. Dampak positif banyak membaca
e. 1. Macam/jenis membaca        3. Kendala membaca siswa SD
    2. Manfaat membaca             4. Buku bacaan SD
39.     Bacalah paragraph berikut dengan seksama!
(1)    Pemandangan di Pntai Putri membuat siapa saja merasa tenteram. (2) Tampak pasir putih, ombak yang tenang, serta laut yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan – jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah pemuda bersenda gurau berenang di pantai. (5) Tiba – tiba ada yang berteriak hiu! (6) Sejumlah pemuda itu berlari ke sana ke mari.
Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor . . .
a.    (1)           b.  (2)        c.  (3)           d.   (4)        e.   (5)
40.    Tokoh dalam cerita fiksi yang selalu digambarkan sebagai perwakilan watak baik dan biasanya menjadi tokoh idola disebut . . .
a. Antagonis    b.  Figuran    c. Tritagonis    d.  Campuran    e. Protagonis

II.    Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut dengan uraian yang jelas!
1.    Sebutkan urutan – utan dalam membuat karya ilmiah (makalah)!
2.    Sebutkan manfaat kegunaan tabel!
3.    Sebutkan macam – macam cerita rakyat!
4.    Apa saja langkah – langkah dalam menyusun pidato?
5.    Apa perbedaan paragraf argumentasi dan paragraf narasi?